Pages

Wednesday, October 19, 2011

Sensasi Pedaaas ! Plecing Kangkung Lombok :)



Pulau Lombok
tidak hanya terkenal karena pantainya yang indah... :)

Pantai Nipah - Pulau Lombok

Tapi juga menu kulinernya yang pedas - pedas :D , hmmm...bikin ketagihan. Salah satu yang terkenal adalah menu plecing kangkung :). Kenapa kangkung ? entah mengapa kangkung yang ditanam di Lombok batangnya besar -besar, kalau dimasak gurih dan crunchy :) enak banget. 

Sepulang dari mudik ke Lombok, kami membawa kangkung lebih dari 8 kg hehehe, untuk dibagikan sebagai oleh-oleh ke tetangga dan saudara.

Penasaran, bagaimana cara memasak plecing kangkung lombok ? berikut cara pembuatanny, sekali lagi ala bunda nadha :P

Plecing Kangkung Lombok :

Cuci kangkung di air mengalir sampai bersih

Didihkan air, rebus kangkung dalam keadaan memanjang, setelah matang dan empuk, angkat dan tiriskan

kangkung di suwir - suwir

Siapkan bahan -bahan bumbu kelapa terdiri dari : kelapa, cabe rawit merah, gula pasir dan garam. Ingat ! karena ini sambal mentah pastikan semua bahan-bahan di cuci dengan sangat bersih :)

kelapa dikupas, kemudian di parut. hasil parutannya dicampur kedalam bumbu untuk campuran kelapa yang sudah dihaluskan seperti lombok, gula dan garam.

Nah ini bahan-bahan untuk sambal tomatnya : tomat , cabe rawit merah , terasi made in lombok yang sudah di bakar matang, garam, gula, semua dihaluskan. Setelah halus diberi jeruk Limo.

Cara penyajiannya :


Tata Kangkung rebus di piring saji, kemudian taruh sambal kelapa diatasnya, sambal tomat, dan terakhir ditaburi kacang tanah goreng :), lebih lengkap kalau ada kerupuk rambaknya !

 Dijamin pengen nambah lagi dan nambah lagi :)
selamat mencoba di rumah ya...

No comments:

Post a Comment